Unsur-Unsur Pementasan Drama
Unsur-Unsur Pementasan Drama

Unsur-Unsur Pementasan Drama

Posted on

Unsur Unsur Pementasan Drama – Unsur-unsur yang terdapat dalam pementasan drama, antara lain sebagai berikut.

a. Naskah

Naskah merupakan unsur utama dalam pementasan drama modern. Semua unsur pementasan yang digelar di atas panggung bersumber dari naskah. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan sutradara bersama pemain mengembangkan naskah lebih lanjut agar pementasan benar-benar menarik dan memikat.

Unsur-Unsur Pementasan Drama
Unsur-Unsur Pementasan Drama

b. Seni Peran

Seni peran berkaitan dengan kualitas pemeranan yang dilakukan oleh pemain. Kualitas pemeranan sangat ditentukan oleh kemampuan pemain dalam menghayati peran (tokoh) yang dimainkannya.

c. Tata Panggung

Dalam sebuah pementasan drama, tata panggung sangat berperan dalam memberikan gambaran tentang latar cerita. Tata panggung yang baik akan mampu menghadirkan nada dan suasana yang sesuai dengan tuntutan cerita.

d. Tata Busana atau Kostum

Tata busana berkaitan dengan tata rias dan busana yang dikenakan oleh pemain. Penata busana harus mampu memilih busana dan tata rias yang cocok dengan karakter tokoh.

e. Tata Musik

Ilustrasi musik berfungsi membangun suasana sehingga mampu menggiring penonton untuk menghayati cerita. Ilustrasi musik merupakan salah satu unsur yang menjadi tanggung jawab seorang penata suara.

f. Tata Lampu

Tata lampu yang baik dalam pementasan akan mampu menghadirkan suasana yang sesuai dengan nada cerita. Sorot lampu terang, gelap, atau remang-remang akan sangat membantu penonton dalam memahami dan menghayati isi cerita.

loading...