Teknik Menghapal Rumus
Teknik Menghapal Rumus

Teknik Menghapal Rumus

Posted on

Teknik Menghapal Rumus – Saya mengutip dari buku Genius Learning REVOLUTION, ternyata ada cara mudah untuk menghapal rumus. Gak pake lama kita langsung bahas aja ya.

Dalam upaya untuk menghapal rumus, yang harus kita lakukan adalah membuat cerita yang lucu dan menarik dengan menggunakan komponen huruf, angka, symbol sistematis, atau apa saja yang ada dalam rumus itu. Setelah itu, saat anda menghapal, gunakan imajinasi anda untuk membayangkan cerita anda.

Teknik Menghapal Rumus
Teknik Menghapal Rumus

Berikut saya berikan satu buah contoh. Dari contoh ini, bila anda telah mengerti caranya, anda bisa mengembangkan teknik ini sesuai dengan kebutuhan anda.

X=(Ag.C.Coshk.√πaTπFs)/(a.Bg.Cr.T) (KT-U)
Yang perlu dilakukan adalah mengubah symbol, huruf, angka dari rumus itu menjadi suatu cerita / gambar, sebagai berikut:
Ag.C = anak gadis cantik
Cos hk = kos di Hongkong
√π = rumah
4Tπ = empat teve
Fs = flat screen
KT-U = Kakek tua membuang uang
a.Bg = ABG (anak baru gede)
Cr = curi
T = tape

Sekarang coba kita jadikan satu cerita:

Anak-anak gadis cantik di Hongkong, di depannya ada sebuah rumah. Di dalam rumah ada empat teve Flat screen (layar datar). Di belakang rumah ada seorang kakek tua yang membuang uang. Di lantai bawah ada seorang ABG yang curi tape.

Akan lebih baik bila anda menghapal cerita ini sambil memejamkan mata dan membayangkan dengan jelas cerita yang telah anda buat. Semakin jelas gambar yang bisa anda lihat dalam layer mental anda, akan semakin kuat daya ingat anda. Semoga bermanfaat !

Baca Juga :
Tips Dan Rumus Membaca Cepat